Consultasi Audio, Sound system

Tanya Jawab seputar Audio, Sound System dan Komputer Contact Person Sms : 085649970265 PIN : 741EF9BD

Friday, March 15, 2013

ANALISIS SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN LALU LINTAS


ANALISIS SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL DENGAN 
MENGGUNAKAN MANAJEMEN LALU LINTAS


Volume lalulintas Kota Bandung mengalami peningkatan setiap tahunnya
yang diakibatkan bertambahnya jumlah kepemilikan kendaraan.
Kemacetan pada perempatan RE. Martadinata merupakan salah satu dampak
dari pertumbuhan lalulintas yang cukup  tinggi dan belum berfungsinya sistem
lalulintas secara baik. Dengan memperhatikan kondisi geometri jalan, volume arus
lalulintas, hambatan samping dan  lingkungan simpang yang merupakan daerah
komersil, maka dicoba untuk mengatasi dengan manajemen simpang baik dengan
menggunakan manajemen simpang tak bersinyal maupun simpang bersinyal. 
Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survey di lapangan 
untuk mendapatkan data primer maupun data sekunder yang kemudian akan diolah
dengan menggunakan manajemen simpang. Perencanaan menggunakan acuan
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan menggunakan program KAJI
(MKJI 1997) serta program Excel 2003 untuk mengolah data lalulintas. Data
lalulintas diperoleh dari pencacahan  jumlah kendaraan di lapangan yang dilakukan
selama 3 hari (19, 20, 21 November 2007) pada jam-jam sibuk dan disajikan dalam
bentuk tabel data kendaraan dan kemudian perilaku lalulintas simpang dapat
dianalisis. Untuk simpang tak bersinyal dipakai USIG-1 dan USIG-2, untuk simpang
bersinyal menggunakan KAJI (MKJI 1997). 
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa simpang RE. Martadinata
memiliki nilai Derajat Kejenuhan (ds) =  1,240. Nilai ini jauh dari nilai derajat
kejenuhan yang disarankan oleh MKJI 1997 untuk simpang tak bersinyal yaitu ds =
0,85. Adapun rekayasa geometri yang telah dilakukan sebagai alternatif belum dapat
mencapai nilai derajat kejenuhan yang diinginkan yaitu sesuai dengan yang
disarankan olen MKJI 1997. Oleh karena itu kemudian dilakukan alternatif dengan
penggunaan lampu lalulintas dan menghasilkan nilai ds = 0,475, sehingga
pemasangan lampu lalulintas merupakan alternatif terbaik dalam memecahkan
masalah kapasitas simpang pada perempatan RE. Martadinata. 

selanjutnya hub. 085649970265 or agikjanuri@yahoo.com

No comments:

Post a Comment